Mengenal Proses Attach Dan Detach Database Di SQLite

Attach Database

Attach Database adalah salah satu perintah di SQLite yang digunakan untuk memasukkan (attach) beberapa file database ke dalam koneksi database yang sedang berjalan.

Proses attach database biasanya digunakan ketika Anda memiliki beberapa database dan Anda ingin menggunakan salah satunya pada saat itu.

Sintak Dasar

Di bawah ini adalah sintak dari proses attach database di SQLite:

ATTACH DATABASE 'Database_Name' AS 'Alias_Name';

Perintah diatas akan meng-attach sebuah file database menjadi sebuah logical database dengan alias 'Alias_Name'. Sebagai catatan, kalau database belum dibuat maka perintah ini juga akan membuat sebuah database baru.

Contoh

Sebagai contoh misalkan Anda memiliki sebuah file database dengan nama testdb.db, maka Anda dapat menggunakan perintah attach database sebagai berikut:

sqlite> ATTACH DATABASE 'testdb.db' AS 'TEST';

Anda dapat menggunakan perintah .database untuk melihat daftar database yang di attach:

sqlite> .database
seq name file
--- --------------- ----------------------
0 main C:\sqlite\testdb.db
2 test C:\sqlite\testdb.db

Ada dua database yang tidak boleh Anda attach yaitu main dan temp. Kedua database ini sengaja dipersiapkan sebagai primary database dan untuk menyimpan table dan object temporary lainnya.

Apabila Anda mencoba untuk meng attach database file menjadi main atau temp, maka akan menampilkan pesan error seperti di bawah ini:

sqlite> ATTACH DATABASE 'testdb.db' as 'TEMP';
Error: database TEMP is already in use
sqlite> ATTACH DATABASE 'testdb.db' as 'main';
Error: database TEMP is already in use




Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar: